Minggu, 26 Agustus 2012

Alat - Alat dan Fungsi Jaringan

PERANGAKAT KERAS PENDUKUNG JARINGAN  KOMPUTER
  1. RJ 45
    conektor RJ 45
Nama  perangkat   : Conektor RJ45
Keterangan dan Fungsi   :
Jack  (RJ) adalah standar fisik jaringan – baik konstruksi da wiring jack polauntuk menghubungkan telekomunikasi data . Perangkat pendukung jaringan komputer in berfungsi untuk menghubungkan, kabel UTP kedalam komputer melalui port RJ45 yang dihubungkan dalam NIC. Tipe kabel konektor RJ 45 banyak tipenya, namun untuk yang standar dipake di daerah Amerika adalah tipe RJ11, RJ14,RJ45. Setiap konektor harus disesuaikan dengan tipe NIC dan tipe kabelnya.
Network interface kard
2. NIC
Nama perangkat : NIC atau Kartu Jaringan
Keterangan dan funsi         :
Network Interface Card (NIC)merupakan syarat utama bagi komputer yang akan terhubung dengan jaringan, setiap komputer minimal memiliki 1 kartu. NIC  merupakan sebuah perangkat pendukung jaringan komputer yang berbentuk kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
Jenis NIC yang beredar, Jensi NIC yang beredar , terbagi menajdi dua jenis ,yaitu NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC ethernet, Token Ring, dan lainya. Sedangkan untuk NIC yang bersifat logis adalah loopback dan Dial-up Adapter. Setiapa NIC diberi MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.




Router
3. Router
Nama perangkat                   : Router
Keterangan dan fungsi         :
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuanya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagaia routing.Proses Routing terjadi pada lapisan 3 ( Lapisan jaringan seperti Internet Protokol) dari stack protokol tujuh lapis OSI. Jadi Router berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda. Untuk memecah bebrapa IP

Kabel UTP
4. KAbel UTP
Nama perangkat                    : Kabel UTP
Keterangan dan Fungsi        :
Perangkat keras pendukung jaringan komputer ini bernama kabel Unishield Twisted Pair (UTP) yang berfungsi untuk menyampaikan/ menghubungkan sinyal, atau menyampaikan informasi dari tiap komputer. Jenis kabel UTP meliputi beberapa kategori yaitu UTP kategori 3, UTP kategori 4, dan UTP kategori 5.

HUB
5. HUB
Nama perangkat                : HUB
Keterangan dan Fungsi     :
Hub adalah sebauh perangkat pendukung jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan – peralatan dengan ethernet atau serat optik, sehingga menjadikanya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer1) pada model OSI. Atau dengan kata lain Hub berfungsi untuk meneruskan kembali sinyal yang didapat dengan kekuatan yang sama. Hub disebut juga multi port repeater, dalam mengirimkan sinyalnya hub menggunakan metode broadcast , sehingga apabila salah satu port sibuk maka port yang lain harus menunggu jika ingin mengirimkan sinyal.
ethernet
6. port RJ 45

Nama perangkat : port RJ45/ ethernet
Fungsi   :
Berfungsi untuk menghubungkan antara NIC dengan kabel UTP, yang berfungsi untuk menyampaikan segala informasi yang dikirimkan atau akan dikirimkan baik keluar atau kedalam komputer



antena omni
7. antena omni

Nama perangkat : Antena Omni
Keterangan dan Fungsi    :
Adalah suatu alat pendukung jaringan komputer yang berbentuk antena yang berfungsi untuk memancarkan sinyal wireles sehingga memungkinkan dapat memperluas jangkauan dari sinyal yang sering kita kenal dengan sinyal hotspot.
         
swich
8. swich
   Nama Perangkat : Swich 
Keterangan dan fungsi:
Swich jaringan adalah sebuah alat pendukung jaringan komputer yang berfungsi untuk melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan denganforwarding berdasarkan alamat MAC ) . Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.  Perbedaan Hub dengan Swicth:
- Hub lebih lambat dari pada Swicth. Swicth mempunyai perangkat Room yang berfungsi untuk mencari data informasi pada alamat yang ada pada komputer PC (NIC0).
  
alat-yang-dibutuhkan-untuk-membuat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar